-->

Just a blog

Melejitkan Daya Ingat Otak (3): Asosiasi - Visualisasi

Sekali lagi, saya melakukan perbuatan copy paste mentah-mentah dari sebuah blog untuk dituliskan kembali ke blog ini sebagai suatu tulisan. Saya senang dengan tulisannya, tetapi saya merasa perlu menuliskannya kembali dengan tujuan supaya lebih enak di mata saya.

Link aslinya ada di sini: Melejitkan daya ingat otak dengan latihan - Part 3

daya ingat

Asosiasi dan visualisasi adalah faktor terpenting dalam membentuk sebuah gambaran yang nyata di dalam otak. Dan bumbu terakhirnya adalah dengan menambahkan imajinasi dan sedikit "humor". Untuk melatihnya, saya telah menyiapkan beberapa latihan sederhana, termasuk pada tulisan saya ini.

Sobat yang saya cintai, saya tahu mungkin Anda mulai bosan dengan artikel saya tentang ini, tapi percayalah, tinggal selangkah lagi Anda akan mengejutkan teman-teman dan keluarga Anda dengan permainan angka / kartu Anda.

Artikel ini sebetulnya berjudul 'latihan yang asyik'. Saya tahu bahwa kata "asyik" judul di atas terdengar berlebihan. Maksud saya, ayolah!? Kegiatan apa yang lebih asyik ketimbang memperhatikan layar kaca tv, bermain game, bermain hp, atau hanya sekedar tidur-tiduran di rumah. Siapa orang yang peduli dengan seseorang yang dapat "menelan" 1 pack kartu remi, atau ratusan butir angka dalam otaknya? Atau siapa yang mau menghabiskan waktunya hanya untuk mengikuti latihan "konyol" untuk "aktifasi otak kanan"? Bahkan bagi orang yang baru melihat artikel ini pun akan langsung menyingkirkan rasa ketertarikannya. Akan tetapi, jika Anda merasa bukan orang yang saya sebutkan di atas, dan Anda sudah "terjebak" dalam artikel saya ini. Maka lanjutkanlah!

Dan buatlah teman-teman atau keluarga Anda kagum dengan ingatan Anda yang melejit dalam "permainan" angka / kartu yang Anda pertunjukan.

Yang akan diberikan pada latihan ke-3 ini adalah sebuah latihan sederhana tentang bagaimana Anda dapat "melihat" gambar yang nyata di dalam pikiran. Ketahuilah, otak kanan Anda tidak hanya menyimpan gambar statis, tetapi juga menyimpan sebuah pengalaman yang "bergerak".

Sekarang juga saya meminta Anda mengambil sebuah buku, dan bacalah buku tersebut dalam keadaan terbalik 180 derajat. Saya yakin awalnya Anda akan kesulitan, tetapi otak Anda akan mulai terbiasa dengan kondisi yang Anda ciptakan sendiri. Lakukan itu di waktu luang Anda.

Berikut ini akan diberikan beberapa contoh kata. Saya memberi Anda 2 kata, misalnya buku dan kipas, kemudian asosiasikan kedua kata itu menjadi sebuah "pengalaman" nyata dalam otak Anda. Ini versi saya, saya membayangkan dalam otak saya sebuah kipas yang bukan hanya mengeluarkan angin tetapi juga mengeluarkan lembaran-lembaran kertas yang membentuk sebuah buku. Mudah bukan? Bagaimana versi Anda?

Akan tetapi, hal itu saja belum cukup untuk meningkatkan daya ingat otak, seperti yang saya katakan berulang kali, kita sebaiknya menggunakan 5 macam indra yang kita punyai. Anda baru menggunakan 1 macam indra saja, yaitu mata untuk "melihat".

Masih dalam konteks buku dan kipas tadi, cobalah tambah unsur suara dalam otak Anda, misalnya bayangkan dalam otak Anda suara kertas yang saling bergesekan satu sama lain, lalu tambahkan lagi seperti bau kertas. Apa? Bau? Iya, bau! Saya tahu di dalam otak Anda tidak tersimpan data dengan folder berjudul "bau kertas". Namun, cobalah cium bau kertas asli, rasakan bedanya dengan bau biasa, kemudian bayangkan dalam otak Anda.

Untuk indra perasa buka mulut Anda dan rasakan hembusan angin dari kipas dalam otak Anda. Selanjutnya bayangkan kumpulan kertas-kertas itu terbang berhamburan ke seluruh tubuh Anda, bayangkan secara "nyata" kertas-kertas itu menyentuh leher Anda, menutupi muka Anda, dan bersentuhan langsung dengan bulu kuduk di seluruh tubuh Anda. Dengan begitu otak Anda tidak hanya menyimpan sebuah gambar, tetapi juga sebuah pengalaman yang bergerak.

Praktekkan dengan kata-kata berikut ini :

  1. Kucing dan piring
  2. Gajah dan aquarium
  3. Sikat dan tabung gas
  4. Kalender dan gorilla

Kenapa? Ada yang aneh? Jangan pernah berpikir "ada yang aneh" di dalam otak Anda. Segalanya bisa terjadi di dalam otak. Jika Anda bertanya, apa yang dapat Anda asosiasikan dari kata gajah dan aquarium? Atau, apa hubungan antara gajah dan aquarium? Sebetulnya itu tidak begitu penting. Hubungan antara keduanya pasti secara tiba-tiba terlintas menjadi suatu "bisikan" dalam otak Anda. Dan tugas Anda yaitu menangkap "bisikan" pikiran itu secepat mungkin, tidak peduli betapa tidak masuk akalnya. Jangan pedulikan betapa anehnya imajinasi Anda, terima saja. Dan jangan lupa, gunakan 5 unsur indra.

Kombinasikan latihan "membayangkan" di atas dengan latihan "membaca buku terbalik". Ketika Anda membaca buku secara terbalik, pilihlah dua kata secara acak, lalu buatlah sebuah pengalaman dengan kedua kata tersebut. Mudah bukan?

Pada latihan 4 nanti Anda akan mulai mempelajari dasar "permainan" yang menakjubkan, jadi ketika Anda sudah melakukan latihan 3 di atas, well, langsung saja lanjutkan.

No comments:

Copyright © F-auzi. All rights reserved. Template by CB