-->

Just a blog

Enneagram, sebuah pengantar

enneagram
Enneagram adalah pemaparan tentang 9 jenis kepribadian yang menjelaskan kenapa mereka 'seperti itu' dan memberikan pengarahan tertentu untuk pengembangan diri seseorang. Ini merupakan sarana yang penting diketahui untuk mengembangkan hubungan dengan keluarga, teman, atau mitra kerja. Bayangkan saja kalau Anda bisa menilai mengapa seseorang bertindak, serta Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan orang di sekitar Anda, bahkan Anda bisa tahu apa yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang tipe tertentu.

Jadi, karena ini adalah sistem pembagian kepribadian, Anda pasti berada pada salah satu dari sembilan tipe kepribadian ini. Pada tulisan ini tidak akan dibahas mendetail tentang kesembilan kepribadian itu. Tulisan ini akan lebih fokus pada pengantar mengenai Enneagram, pembagian, dan hubungan antara Tipe-tipe kepribadian di dalam Enneagram.

Enneagram (eni-e-grem) digambarkan sebagai lingkaran dengan sembilan titik. Sembilan titik itu adalah sembilan kepribadian yang dimaksudkan di awal. Masing-masing tipe kepribadian itu memiliki hubungan satu sama lain. Prinsipnya, orang-orang yang satu tipe memiliki motivasi dasar yang sama, serta memandang dunia dengan cara yang [pada dasarnya] sama pula. Variasi yang muncul bisa bersumber dari faktor kedewasaan, tipe orangtua, anak keberapa, nilai budaya, dan karakter bawaan seperti introvert atau ekstrovert.

Menggambar enneagram

Gambar enneargam terdiri dari satu segitiga dan suatu bentuk bertitik enam.

menggambar enneagram

Panah

Pada gambar enneagram setiap titik berhubungan dengan dua titik lainnya. Dalam kondisi rileks, kita mengambil sifat positif dari karakter yang ditunjuk oleh panah dari arah karakter kita. Panah itu berjalan dari 1 ke 7, 7 ke 5, 5 ke 8, 8 ke 2, 2 ke 4, dan 4 ke 1 (1-7-5-8-2-4-1), juga berjalan dari 3 ke 6, 6 ke 9, dan 9 ke 3 (3-6-9-3). Kalau sedang berada dalam kondisi tertekan, maka kita akan mengambil sifat negatif dari karakter yang menunjuk ke arah karakter kita (mengambil sifat melawan arah panah).

panah enneagram

Sayap

Setiap karakter mungkin saja tidak murni, bisa bercampur dengan karakter yang berada di sebelahnya. Misalnya, kita bisa saja menemukan seorang 'tipe sembilan' dengan sifat yang mirip dengan 'tipe satu' dan 'tipe delapan'. Tipe yang bersebelahan ini disebut sayap, jadi satu karakter memiliki dua sayap.

wing enneagram

Kadangkala, orang memiliki sifat berbeda pada saat kanak-kanak dan dewasa. Ini terkait dengan panah dan sayap tadi.

Gambaran umum masing-masing karakter adalah sebagai berikut.
  • Tipe 1 (si perfeksionis, si pembuat perubahan): realistis, penuh pertimbangan, prinsipil.
  • Tipe 2 (si penolong, si pemberi): peduli, hangat, mengasuh, dan peka terhadap kebutuhan orang lain.
  • Tipe 3 (si berprestasi, si pemeran utama): energik, optimis, percaya diri, berorientasi tujuan.
  • Tipe 4 (si indivualis, si seniman, si romantis): peka, pengertian, kreatif.
  • Tipe 5 (si pengamat): haus pengetahuan, analitis, berwawasan.
  • Tipe 6 (si peragu, si setia): bertanggung jawab, bisa dipercaya, setia, aneh, canggung.
  • Tipe 7 (si bahagia, si petualang): energik, optimis, merasa perlu memberikan sumbangsih untuk dunia.
  • Tipe 8 (si pemimpin, si penantang): jujur, mengandalkan diri sendiri, percaya diri, protektif.
  • Tipe 9 (si pendamai, si penengah): mudah menerima, suka menyenangkan orang lain, mendukung.
Secara umum, karakter-karakter tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut.
  1. Berdasarkan triad, ada yang menyebutnya 'pusat'. Terdapat tiga triad: citra/imej, takut, dan marah. Karakter tipe 2,3, dan 4 berada dalam triad citra/imej, mereka memiliki intuisi secara perasaan atau emosional. Karakter tipe 5, 6, dan 7 berada dalam triad takut, mereka memiliki intuisi secara mental atau pikiran. Sementara itu, karakter 8, 9, dan 1 berada dalam triad marah, mereka memiliki intuisi berdasarkan insting dan gerak tubuh. (Mungkin pada tulisan selanjutnya, saya akan membahas lagi tentang triad ini.)
  2. Berdasarkan kepatuhan/penyesuaian. Tipe 1, 2, 3, dan 4 cenderung menyesuaikan dengan orang lain. Tipe 5, 6, 7, dan 8 cenderung tidak menyesuaikan. Tipe 9 cenderung ambivalen (tidak tentu).
  3. Berdasarkan konsep diri. Tipe 2, 5, dan 8 merasa dirinya lebih besar dari dunia. Tipe 3, 6, dan 9 merasa dirinya perlu menyesuaikan diri dengan dunia. Tipe 1, 4, dan 7 merasa dirinya lebih kecil dari dunia.
  4. Berdasarkan perilaku dominannya. Tipe 1, 3, dan 8 adalah agresif, mereka bergerak melawan orang-orang. Tipe 2, 6, dan 7 adalah dependen, mereka bergerak searah dengan orang-orang. Tipe, 4, 5, dan 9 adalah menarik diri dari orang-orang.
------------------
based on:
Baron, Renee dan Wagele Elizabeth. 2005. Eneagram. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Kotelnikov, Vadim. Enneagram - Understanding and Influencing Unconscious Strategies of People, Organizations, and Cultures.

No comments:

Copyright © F-auzi. All rights reserved. Template by CB